Pusat Laut Donggala, Sumur Raksasa Ajaib Yang Membiru Dan Penuh Pesona

Membicarakan Sulawesi memang tidak bisa dipisahkan dengan namanya wisata pantai, laut, dan juga pulau. Hampir di setiap kawasan Sulawesi menyimpan keindahan laut dan pulau yang tidak bisa ditolak. Sebut saja Bunaken dengan segala kemolekannya dan juga Wakatobi yang mulai dilirik oleh banyak travelerdari seluruh dunia.

elain memiliki wisata bahari yang memikat, Sulawesi juga memiliki destinasi wisata yang unik. Di Sulawesi bagian tengah, kamu akan menemukan sebuah sebuah sumur raksasa. Sumur ini terbentuk alami di dekat pantai dan memiliki air yang super jernih. Kalau kamu mengunjungi Sulawesi Tengah, khususnya Donggala, tempat bernama Pusat Laut Donggala ini wajib dimasukkan list paling atas. Yuk, simak seperti apa pesona dari Pusat Laut Donggala ini.

Pesona yang Ditawarkan Pusat Laut Donggala

Kalau sumur biasanya terletak di dalam rumah dan dibuat dengan cara bor atau digali, Pusat Laut Donggala ini tidak demikian. Sumur yang memiliki lebar hingga 10 meter ini terbentuk secara alami dengan bagian keliling berupa batuan yang sangat besar. Begitu kamu masuk ke dalam, air yang super jernih akan menyambutmu dengan kesegarannya. Warna dari airnya sangat biru sehingga mirip sekali dengan air laut.

pusat laut donggala
Pusat Laut Donggala [img IG: quotesaab]

Saat berkunjung ke sini, sempatkan mandi di air yang rasanya asin  meski terletak cukup jauh dari lautan. Saat air laut mengalami pasang surut, air di dalam sumur ini juga terpengaruh. Keadaan ini membuat kedalaman dari air naik turun dari 5 meter hingga ke 7 meter. Naik dan turunnya permukaan air dari sumur membuat pengelola memberikan tangga yang bisa digunakan untuk naik dan turun.

Keunikan Pusat Laut Donggala

Selain masalah naik turunnya air yang bergantung dengan air laut, air di dalam sumur ini tidak akan pernah keruh. Sebanyak apa pun pengunjung atau anak-anak di desa setempat berenang, air dalam sumur tetap jernih. Kejernihan dan visibilitasnya terjaga dengan baik. Kemampuan yang unik dari sumur ini membuat banyak orang tidak segan untuk berenang di dalam sumur.

keunikan pusat laut donggala
keunikan Pusat Laut Donggala [img IG: walakindonesia]]

Keunikan selanjutnya yang ditawarkan oleh sumur besar ini adalah kemampuannya menyembuhkan penyakit. Beberapa pengunjung yang datang biasanya sengaja datang untuk berendam selama beberapa saat. Mereka yakin kalau air yang dihasilkan dari sumur ini  bisa menyembuhkan banyak penyakit terutama penyakit kulit. Bagi mereka yang takut atau tidak bisa berenang bisa meminta anak-anak untuk mengambilkan air dengan upah tertentu.Keunikan terakhir dari Pusat Laut Donggala adalah adanya jalur yang menghubungkan antara sumur dan laut. Jalur inilah yang membuat air di sini jadi asin meski berjarak 500 meter. Lubang yang terletak di dalam sumur inilah yang menyebabkan nama tempat ini pusat laut. Oh ya, saat ini lubang yang menghubungkan laut dengan sumur ini telah tertutup oleh batu.

Akses dan Fasilitas Pusat Laut Donggala

Pusat Laut Donggala terletak tidak jauh dari pantai Donggala yang berada di dalam wilayah Dusun Simbe, Desa Limboro, Kecamatan Binawa Tengah, Donggala. Kalau kamu ingin datang ke tempat bisa menggunakan kendaraan pribadi menuju arah Donggala dari pusat Kota Palu dengan waktu tempuh sekitar 45-60 menit.

dari dalam pusat laut
dari dalam pusat laut [img IG: magfurtahir]

Kawasan pantai Donggala sudah dikelola dengan baik oleh pemerintah setempat. Kalau kamu ingin menikmati serunya mandi di dalam sumur yang ajaib sekaligus main ke pantai, menginaplah barang 1-2 hari. Kawasan ini memiliki banyak akomodasi yang telah dikembangkan sehingga mampu meningkatkan taraf hidup dari penduduknya.Inilah Pusat laut Donggala dengan segala keunikan dan keajaibannya. Terjun ke dalam sumur raksasa yang konon hanya ada satu di dunia ini tidak hanya menyenangkan tapi juga mampu meyembuhkan penyakit. Yuk, traveling ke Donggala

sumber : https://travelingyuk.com/pusat-laut-donggala/21760/

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s