Pemandangan Fenomenal Di Pulau kelelawar dan tugu khatulistiwa yang ada di kabupaten parigi moutong, sulteng

 Pulau Kelelawar

Pulau Kelelawar. (Foto : Ist)

Salah satu objek wisata bahari yang cukup mempesona di Kabupaten Parigi Moutong adalah Pulau Kelelawar, Pulau ini terdapat di teluk Tomini tepatnya di desa Tomoli Kecamatan Toribulu dengan jarak lebih kurang 60 Kilometer dengan waktu tempuh sekitar 2 sampai 3 Jam dari kota Parigi, dari pantai ke pulau dapat ditempuh dengan menggunakan perahu bermesin yang disewakan oleh masyarakat setempat dengan tarif yang terjangkau dan bisa dinegosiasikan, membutuhkan waktu kurang lebih  10 menit.

Dari Kota Palu, berjarak sekitar 97 kilometer arah timur laut.  Pulau seluas kurang lebih 10 hektar ini diapit oleh dua tanjung hutan bakau yang menyerupai pintu gerbang masuk menuju pulau ini, keunikan obyek wisata yang satu ini adalah merupakan tempat berkembang biaknya beberapa jenis kelelawar yang diantaranya berwarna kuning, coklat dan hitam.

Pemandangan yang fenomenal akan anda saksikan saat senja, akan beterbangan di sekitar pulau ini yang nyaris menutupi langit setempat. Pulau ini juga memiliki pasir putih yang indah, sangat menyenangkan untuk berenang dan menyelam disekitar pulau ini. Anda juga bisa melakukan berbagai kegiatan lain seperti berperahu di sekitar pulau atau memancing ikan.

Di sini kita juga akan menemukan nelayan-nelayan tradisional yang tentu saja hasil tangkapannya dapat anda beli dengan harga yang cukup murah. Bagi para pencinta dan peneliti, pulau ini rasanya sangat tepat untuk penelitian hewan kelelawar. Untuk menuju Pulau Kelelawar, pengunjung dapat memanfaatkan jasa angkutan motor tempel yang disediakan oleh penduduk setempat, dengan tarif sewa Rp 10.000 per orang. Waktu tempuhnya hanya sekitar 10-15 menit perjalanan.

sumber : http://www.metrosulawesi.com/article/berwisata-ke-parigi-moutong-dari-air-terjun-pantai-kucing-hingga-pulau-kelelawar

Tugu Khatulistiwa

Tugu Khatulistiwa merupakan potensi wisata dunia, yang ada di Sulawesi Tengah tepatnya berada di Kabupaten Parigi Moutong, tepatnya di Desa Khatulistiwa, Kecamatan Tinombo Selatan. Sehingga dari dahulu  keberadaan tugu tersebut sudah banyak di kunjungi para wisatawan dari lokal, nasional maupun mancanegara.

Ada hal yang menarik yang anda dapatkan jika kita berkunjung ke objek wisata ini, dimana kita dapat merasakan fenomena alam yang unik, di mana saat equinox yang jatuh setiap tanggal 21 Maret dan 23 September, jarum yang diletakkan di botol di titik nol akan melayang. Kapan saja Anda berkunjung, Anda dapat mencoba meletakkan telur ayam di titik nol dan melihatnya berdiri tegak tanpa tergulir.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s